Sabtu, 19 Maret 2011

#TIP 9. Cemerlang Berdasarkan Syariat

[36 TIP CEMERLANG DALAM AL-QURAN]

[BAGUSE-REK] Konsep cemerlang yang diajarkan Allah dalam Alquran dalam artikel ini adalah Cemerlang Berdasarkan Syariat.  

Syariat Islam adalah hukum dan aturan Islam yang mengatur seluruh sendi kehidupan umat Muslim. Selain berisi hukum dan aturan, Syariat Islam juga berisi penyelesaian masalah seluruh kehidupan ini. Maka oleh sebagian penganut Islam, Syariat Islam merupakan panduan menyeluruh dan sempurna seluruh permasalahan hidup manusia dan kehidupan dunia ini.



بَلَى مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُ أَجْرُهُ عِنْدَ رَبِّهِ وَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ

“ …. Barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, Maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati” [QS Al-Baqarah (2) : 112].

Untuk berhasil di dunia dan akhirat, keihlasan harus digabungkan dengan cara yang benar. Imam ibn Katsir berkata,”ayat ini menjelaskan bahwasannya Allah hanya akan menerima amalan yang memiliki 2 kriteria, pertama adalah ikhlas dan yang kedua adalah muhsin”. Muhsin maksudnya adalah sesuai dengan syariat.

ثُمَّ جَعَلْنَاكَ عَلَى شَرِيعَةٍ مِنَ الأمْرِ فَاتَّبِعْهَا وَلا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَ الَّذِينَ لا يَعْلَمُونَ

 “Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama itu), Maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui [QS. Al-Jatsiyah (45) : 18].

Roda kehidupan kita akan menyimpang tanpa adanya rel. Rel ini adalah syariat. Jadikan diri kita individu yang paham syariat. Untuk mengetahui syariat, kita memerlukan ilmu. Allah berfirman dalam QS. Thoha (20) : 123-124,
فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنِ اتَّبَعَ هُدَايَ فَلا يَضِلُّ وَلا يَشْقَى
وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى

“ Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku, lalu Barangsiapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka. Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, Maka Sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam Keadaan buta".





Tidak ada komentar:

Posting Komentar