Sabtu, 05 Maret 2011

#TIP 5. CEMERLANG DENGAN MEMBACA DAN MENGKAJI AL-QURAN

[36 TIP CEMERLANG DALAM AL-QURAN]


(BAGUSE-REK) Setelah anda membaca #Tip 1. Merasa Mulia Dengan Islam#Tip 2. Cemerlang dengan Iman dan Taqwa #Tip 3. Cemerlang dengan Ilmu dan Hikmah serta  #Tip 4. Cemerlang dengan Ilmu Terkini. pada artikel ini anda diajak untuk merenungkan #TIP 5. Cemerlang dengan Membaca dan Mengkaji Al-Quran.



Perhatikan beberapa ayat Al-Quran berikut ini yang menyebutkan perintah dan keutamaan membaca atau mengkajinya,


اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلاةَ

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat” [QS. Al-Ankabut (29) : 45].

إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

“Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih Lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar” [QS.  Al-Isra (17) : 9].

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَى عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجَا

“Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al kitab (Al-Quran) dan Dia tidak Mengadakan kebengkokan di dalamnya” [QS. Al-Kahfi (18) : 1].

أَفَلا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلافًا كَثِيرًا

“Maka Apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya”. [ QS. An-Nisa (4) : 82].

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلاوَتِهِ أُولَئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

“Orang-orang yang telah Kami berikan Al kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. dan Barangsiapa yang ingkar kepadanya, Maka mereka Itulah orang-orang yang rugi’  [QS. Al-Baqarah (2) : 121].

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلا خَسَارًا

Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian” [QS. Al-Isra (17) : 82].

      Orang-orang Arab pada jaman jahiliyah adalah golongan yang tidak berperadaban. Namun, setelah mereka memeluk agama Islam, cara hidup mereka berubah sehingga mereka berhasil membangun sebuah peradaban yang gemilang. Perubahan ini didorong dan dipicu oleh Quran. Pada saat ini, jika ingin cemerlang, jadikan Quran sebagai landasan bagi kecemerlangan tersebut. Untuk tujuan itu, bawalah Quran dan terjemahannya bersama kita dan bacalah setiap saat dengan tajwid yang benar. Kita boleh membaca Quran sambil duduk di atas kursi tanpa harus berwudhu dan menghadap kiblat. Mulailah dengan membaca sepuluh ayat. Setelah itu kajilah maksud-maksudnya sebelum kita menambah dengan sepuluh ayat yang lain. Imam Sufyan At-Tsauri berkata “Jika seseorang membaca alquran, para malaikat akan mencium diantara kedua belah matanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar