Selasa, 01 Maret 2011

#TIP 3. CEMERLANG DENGAN ILMU SERTA HIKMAH

[36 TIP CEMERLANG DALAM AL-QURAN]

(BAGUSE-REK): Setelah anda membaca artikel #Tip 1. Merasa Mulia dengan Islam dan #Tip 2. Cemerlang Dengan Iman dan Taqwa, maka selanjutnya pembaca berada pada bagian ketiga, rangkain 36 Tip Cemerlang, yaitu: #Tip 3. Cemerlang Dengan Ilmu Serta Hikmah.

Kesempurnaan Iman dan Taqwa tidak akan tercapai dengan Ilmu dan Hikmah. Bahkan ilmu dan hikmah merupakan pintu gerbang bagi segala kebaikan dan kecemerlangan. Tanpa keduanya iman dan taqwa akan terkubur.



Perhatikan firman Allah swt, berikut ini,

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلا أُولُو الألْبَابِ 


"Allah menganugerahkan Al Hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan Barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran" [QS. Al-Baqarah (2) : 269].

Abdullah bin Abbas menafsirkan Hikmah sebagai Quran. Imam Abu Malik menafsirkannya sebagai Sunnah, Imam Ibrahim an-Nakh'ii berkata,"hikmah adalah kepahaman". Imam Mujahid menafsirkannya sebagai ilmu, kefahaman dan Quran. Maka apabila kita rangkum, maka Hikmah adalah ilmu, kefahaman tentang Quran dan Sunnah.

Untuk menjadi cemerlang, kita harus menguasai ilmu dan hikmah. Ke mana saja kita pergi, bawalah selalu buku-buku ilmu bersama kita. Jika buku senantiasa mendampingi kita, kita akan merasa senang mendampinginya. Pastikan ada ilmu baru yang kita peroleh setiap saat. Ilmu-ilmu baru yang kita peroleh itu hendaklah ditulis bersama dengan sumber rujukannya. Dengan cara begitu, ilmu tidak mudah hilang dari hidup kita.

Potensi yang ada pada manusia hanya akan bersinar jika "digosok" dengan ilmu. Golongan yang menguasai ilmu akan berada pada tempat yang tertinggi,



يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan” [QS. Al-Mujadalah" (58) : 11).


Baca juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar