Minggu, 06 Maret 2011

#TIP 7. CEMERLANG DENGAN PERENCANAAN

[36 TIP CEMERLANG DALAM AL-QURAN]

cholidudin.wordpress.com
[BAGUSE-REK] ~ Pastikan bahwa anda sudah membaca Tip sebelumnya, yaitu:

Selanjutnya, mari kita kaji ayat berikut,



قَالَ تَزْرَعُونَ سَبْعَ سِنِينَ دَأَبًا فَمَا حَصَدْتُمْ فَذَرُوهُ فِي سُنْبُلِهِ إِلا قَلِيلا مِمَّا تَأْكُلُونَ
ثُمَّ يَأْتِي مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ سَبْعٌ شِدَادٌ يَأْكُلْنَ مَا قَدَّمْتُمْ لَهُنَّ إِلا قَلِيلا مِمَّا تُحْصِنُونَ
ثُمَّ يَأْتِي مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ عَامٌ فِيهِ يُغَاثُ النَّاسُ وَفِيهِ يَعْصِرُونَ

“Yusuf berkata: "Supaya kamu bertanam tujuh tahun (lamanya) sebagaimana biasa; Maka apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan dibulirnya kecuali sedikit untuk kamu makan. Kemudian sesudah itu akan datang tujuh tahun yang Amat sulit, yang menghabiskan apa yang kamu simpan untuk menghadapinya (tahun sulit), kecuali sedikit dari (bibit gandum) yang kamu simpan. Kemudian setelah itu akan datang tahun yang padanya manusia diberi hujan (dengan cukup) dan dimasa itu mereka memeras anggur" [QS. Yusuf (12) : 47-49].

Untuk berhasil, wawasan harus disusun dengan perencanaan yang rapi. Dalam ayat di atas, menunjukkan bahwa perencanaan yang baik adalah yang mempunyai keterikatan dengan jangka waktu yang ditetapkan atau time frame, kerana dengan begitu akan melahirkan kesungguhan atau sense of urgency pada setiap yang terlibat. Hal ini juga untuk memastikan supaya setiap yang terlibat tidak bersikap tidak perduli dalam melaksanakan tugas.

Untuk mencapai kecemerlangan, setiap wawasan dan perencanaan harus diikuti dengan usaha. Perencanaan yang baik bila tidak diikuti dengan usaha tidak akan mendatangkan kecemerlangan yang sesuai dengan harapan.

Islam tidak menjadi penguasa dunia dengan cara magis. Hal tersebut didapat karena perencanaan strategis yang dilakukan oleh Nabi dan para sahabat, yang didukung dengan taqwa dan tawakkal. Dampak dari perencaaan itu, muncullah tindakam yang teratur dan terpadu sehingga umat menjadi seperti yang dinyatakan Allah dalam QS. Ash-Shaff (61) : 4,”Seolah-olahnya sebuah bangunan yang kokoh”.

Rencanakan hidup kita dengan baik dan jangan bertindak sembrono. Pastikan perencanaan dan segala tindakan kita ditulis dengan jelas. Perencanaan yang tidak ditulis adalah perencanaan yang akan dilupakan. Ingatlah, mereka yang gagal merencanakan adalah yang merencanakan untuk gagal. Setelah merencanakan, ikuti dengan usaha yang gigih.

Sumber : Dr. Danial Zainal Abidin, 2008, Al-Qur’an For Life Excellence

Tidak ada komentar:

Posting Komentar