Minggu, 27 Maret 2011

#Tip 11. Cemerlang Dengan Shalat

[36 TIP CEMERLANG DALAM AL-QURAN]

kedaikota.com/
(BAGUSE-REK)Agar cemerlang, pribadi muslim sama sekali tidak boleh mengabaikan shalat, utamanya shalat fardhu. Nabi bersabda,“Shalat itu tiang agama, barangsiapa melaksanakan shalat maka telah menegakkan agama, barangsiapa meninggalkannya, maka sungguh telah meruntuhkan agama”

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ   - لَّذِينَ هُمْ فِي صَلاتِهِمْ خَاشِعُونَ  - وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam shalatnya, dan orang-orang yang memelihara shalatnya” [Al-Mu’minun (23) : 1, 2, 9].

Mereka yang meremehkan shalat, akan termasuk ke dalam golongan orang yang lalai yang akan celaka, sesuai ayat berikut ini,


فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ   -  الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلاتِهِمْ سَاهُونَ

 “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya” [Al-Maa’un (107) : 4-5].

Demikian juga sebagaimana disebutkan dalam QS Maryam (19) : 59,


فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, Maka mereka kelak akan menemui kesesatan”

Imam Abu Al-Aliyah berkata,”Shalat mempunyai tiga keistimewaan. Keistimewaan itu adalah ikhlas, khusyu’, dan mengingat Allah. Ikhlas akan membawa pada yang ma’ruf, khusyu’ akan mencegahnya dari perbuatan munkar dan berdzikir mengingat Allah akan membantu mengerjakan yang ma’ruf dan menjauhi yang munkar”

Allah berfirman dalam QS. Al-Ankabut (29) : 45,

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, Yaitu Al kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”.


Ibadah shalat wajib dilakukan beberapa kali setiap hari, karena itu hal ini merupakan latihan untuk mendapatkan kecemerlangan yang sangat penting bagi umat islam. Pastikan shalat lima waktu tidak Anda abaikan sekali pun. Jadikan shalat sebagai kegiatan rutin dalam hidup. Anggaplah setiap shalat yang Anda lakukan sebagai shalat yang terakhir dilakukan dialam dunia ini. Dengan cara demikian, khusyuk dapat dihayati.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ

“Hai orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu” [Al-Baqarah (2) : 153].

Catatan: Ada pula yang mengartikan: Wahai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat”.



2 komentar:

  1. Satu hal yang menarik setelah membaca tulisan ini adalah tiba-tiba muncul pemikiran dalam benak saya :"Tidak dipintapun Allah memberi, apalagi kalau dipinta... pasti Allah akan lebih memberi lagi.."

    Subhanallah, luara biasa Om Tulisannya

    BalasHapus
  2. Om Rosid, terima kasih sdh mampir. Sifat manusia, akan datang bila merasa butuh, dan sebaliknya, bila ditimpa kemalangan...akan getol mendatangi Tuhannya. Saya sangat setuju dengan komentar anda.

    BalasHapus